Sabtu, 24 Januari 2009

XL yang Sadar

Setelah bereksperimen dengan iklan versi monyetnya, akhirnya XL kembali ke Luna Maya. Ini langkah yang bijaksana, setelah image XL indentik dengan monyet. Meskipun maksud pengiklan tidak demikian, tapi kan tidak ada yang bisa menyuruh konsumen untuk menafsirkan iklan, harus seperti apa. Undang-undang saja bebas ditafsirkan oleh orang beda-beda. Inilah bahayanya iklan yang tidak mudah dicernah, terutama jika pemakai produk berada di level of educations dengan range lebar. Dari yang gak lulus SR sampe professor bisa menjadi konsumen. 
Memang iklan tidak dijadikan single tool dan masih disertai oleh tools yang lain, namun jika consumer jurney tidak dipahami bener2, sehingga banyak yang hanya diterpa oleh iklan saja dan tidak diterpa oleh media lain, yang notabene merupakan integrasi marcomm activities tadi, nah bencana sedang dimulai deh...
Dalam kasus XL, biaya produksi iklan versi monyet emang jauh lebih murah, tapi resikonya terlalu besar. Dan ada satu karakter orang Indonesia yang selalu tersinggung bila disamakan dengan binatang, apalagi lebih bodo dari binatang. Ada black trap di sini, mau lucu dan diingat, tapi justru dibenci meski sama2 diingat. Repotnya kalau suatu brand diingat karena hal yang jelek, akan sulit mengembalikan image ke posisi sebelumnya, setidaknya kalo bisa, biayanya gedhe juga. 
Jadi, hati2 dengan black trap...

8 komentar:

Anonim mengatakan...

iya tuh bener

Anonim mengatakan...

saya jadi korban tuh, di kantor jadi bulan2an temen2 karena pake XL. Mereka malah bangga gak pake XL, meski bayar lebih mahal, tapi kan manusia, bukan monyet. Gile aje deh, kita yang pake XL jadi tertekan. Sekarang udah lumayan, iklannya Luna Maya lagi, tapi monyetnya masih ada... payah deh XL, gak bikin bangga justru tertekan.

Linda - Jkt

Anonim mengatakan...

Nah itu, lho. Lucu tuh iklannya, udah gitu produksinya gak mahal. Tapi merugikan image brand. Bayangin aja, provider khusus monyet, wah ini baru berita... hehe gw pake telkomsel. Semoga Telkomsel jangan ikut-ikutan deh. Denger nih orang-orang Marcomm Telkomsel..

Ronald - Bdg

Anonim mengatakan...

seringkali pembuat iklan hanya ingin iklannya bagus dan diingat. lupa efek perasaan tertekan yang ditimbulkan oleh iklan tersebut, meskipun mau berpindah provider tidak mungkin karena nomor hp nya kan udah nyebar.
tapi pake XL sambil menahan malu kan gak enak. sebaiknya XL hati2 atas hal itu.

Roy - Tembalang Semarang

teguh alfi mengatakan...

terus sekarang iklan Xl pake monyet n luna maya(kolaborasi dua makhluk yang berbeda tentunya), trus persepsi masyarakat jadinya gimana ya mas?? :0
hehehe, jangan2 ngiranya mb luna mirip kaya monyet seh,,,

djoko setyabudi mengatakan...

haha...
semoga blog ini gak dibaca ariel ya. di iklan xl baru udah jelas dibedakan antara monyet sama luna. cuma sayangnya tetep mereka pake monyet yang pegang hp trus telp kemana-mana... haha.. cari lucunya aja tuh. gak mikir resiko image pemegang kartu xl. bayangin, kita pake xl, trus kita telp komeng. trus komeng angkat tuh telp, dia bilang "halo luna, apakabar..... sialan, monyetnya ya, kirain luna...."

Maharani Dirgantoro mengatakan...

Pada nyadar ga' kl setelah iklan XL versi monyet keluar, AXIS juga ngeluarin iklan pakai endorser monyet juga.
Tag nya kurang lebih gini :
"Monyet AXIS Baik YA...?"

(1 fakta adalah ; ternyata monyet hewan yang paling potensial untuk model iklan...hehehehe...)

Mungkin yang menjadi salah satu pertimbangan dari orang2 kreatif di balik iklan XL & AXIS adalah karakter konsumen di Indonesia yang kebanyakan masih "middle-low" (baik dari sisi pendidikan maupun kesejahteraan), dimana kecenderungan mereka untuk lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang lucu, menarik dan ringan untuk dicerna.

djoko setyabudi mengatakan...

semoga bukan berarti sebagian besar konsumen di Indonesia adalah monyet... hehe