Sabtu, 07 Maret 2009

TVC PKS : Iklan cerdas sekaligus berbahaya

Iklan TV (TV Commercial) terbaru Partai Keadilan Sejahtera sangat cerdas dan menarik. Untuk melebarkan segmen, iklan ini menggunakan representasi segmen yang dituju dengan dibarengi menampilkan singkatan PKS dengan berbagai macam kepanjangan, sesuai dengan segemen sasaran. Teknik yang pertama biasa saja. Namun penggunaan teknik menampilkan singkatan yang bermacam-macam sesuai dengan kepribadian, karakter serta concern segmen sasaran, cerdas dan sangat menarik. Segmen sasaran dengan mudah mengidentifikasi dirinya dengan salah satu versi kepanjangan dari PKS. 

Iklan jenis ini secara sangat cerdas menuntun segmen sasaran untuk menyesuaikan kepanjangan yang mana yang sesuai dengan dirinya. Penonton iklan akan merasa bahwa ternyata PKS tidak hanya kependekan dari Partai Keadilan Sejahtera yang sudah terbentuk citra tertentu di masyarakat (bahkan di dalam kepalanya) seperti yang salama ini, namun juga bisa seperti ini (beberapa versi kepanjangannya). 

Sisi bahayanya adalah ketika proses psikologis ini tidak hanya berhenti ketika penonton menemukan kepanjangan singkatan PKS yang paling sesuai dengan dirinya, namun dia tetap terus merangkai-rangkai kata-kata yang sesuai dengan PKS. Penonton tidak lagi peduli apakah kepanjangan itu relevan dengan citra yang diinginkan PKS. Biasanya justru kepanjangan yang lucu atau aneh lah yang seringkali menjadi arah para penonton ini. Mengapa kegiatan ini menarik bagi penonton? Secara kultural, orang Indonesia suka memparodikan sesuatu yang dianggapnya tidak sesuai dengan dirinya, namun cukup kemampuan (power) untuk mengekspresikannya. Kultur itu oleh masyarakat diwujudkan dalam parodi yang banyak muncul di media-media. Pada jaman Orba, media takut memuat parodi-parodi semacam ini, namun biasanya muncul di pagelaran teater, baik komunitas, kampus maupun profesional. 

Selain itu, iklan versi ini akan menjadi makanan empuk bagi para pesaing yang dengan leluasa memilih kepanjangan dari PKS dengan kata-kata yang biasanya bermakna buruk dan sarkastik. Pihak-pihak ini akan memiliki pembenaran, karena akan berdalih PKS bukan tentu semata-mata mengarah ke Partai Keadilan Sejahtera, tapi juga ada yang lain sesuai dengan iklannya. Banyak alasan dan dalih untuk hal ini, karena dasarnya adalah rasa tidak suka. 

Simpatisan yang sejati tentu saja tidak akan terpengaruh dengan kepanjangan versi apapun, baik yang dibuat oleh PKS atau pihak lain. Namun iklan ini telah membuka peluang bagi pihak luar yang bermaksud buruk untuk merusak citra PKS dengan kepanjangan yang tidak pada tempatnya. Iklan yang cerdas sekaligus berbahaya...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bahaya juga ya

Anonim mengatakan...

iya